Jokowi Jokowi

RONIN INDONESIA

image

Anakku, maafkan ayahmu ini, tahun ini kita tidak boleh takbir keliling”, ujarku kepada putriku si bungsu yang baru berusia 9 tahun. Dari tadi sore Si Adek, begitu dia biasa dipanggil, sudah berkali -kali sibuk bertanya jam berapa kami akan takbir berkeliling kota Jakarta seperti yang biasa kami lakukan sekeluarga setiap tahun.

“Memangnya kenapa Yah?” dia bertanya penuh keheranan. “Tahun ini Pak Jokowi Gubernur Jakarta melarang takbiran sambil keliling”, jawabku persis seperti ucapan Jokowi yang banyak diberitakan media. “Kok dilarang Yah” anakku terus bertanya. Dia tidak mengerti kenapa tradisi dan syiar Islam yang disunahkan itu bisa dilarang oleh seorang Gubernur. “Ayah belum tahu sebabnya. Tapi kata Pak Jokowi, lebih baik takbir di mesjid dan di rumah saja”, lagi- lagi kujawab seperti yang dititahkan Gubernur Jokowi.

Anakku kian penasaran. Dia tetap tidak mengerti, “Kalau takbiran keliling dilarang, apakah tahun baruan keliling juga dilarang Yah?”, tanyanya mendesak. Aku terdiam. Tidak tahu jawabnya…

Lihat pos aslinya 373 kata lagi